Definisi karya sastra

Aug 26, 2019 · Definisi lainnya, epilog adalah bagian penutup yang mengakhiri sebuah cerita atau karya sastra. Epilog umumnya berisi tentang amanat, kesimpulan, dan pelajaran yang bisa diambil dari sebuah cerita atau karya sastra.

Sep 21, 2010 · Karya Sastra Selasa, 21 September 2010 ... Definisi Cinta versi Jalaludin Rumi. Sekalipun cinta telah kuuraikan, dan kujelaskan panjang lebar. Namun jika cinta ... Dengan demikian, sulit sekali dibuat batasan atau definisi sastra di mana definisi tersebut dihasilkan dari metode ilmiah. b. Orang ingin mendefinisikan terlalu banyak sekaligus. Seperti diketahui, karya sastra selalu melekat dengan situasi dan waktu penciptaannya. Karya sastra tahun 1920-an tentu berbeda dengan karya sastra tahun 1966.

ii. Sastra - Karya (lisan/bertulis) atau buku iii. Susastra - Karya yang indah dan berguna iv. Kesusasteraan - Semua bentuk karya bernilai seni dan berguna Berdasarkan huraian-huraian di atas, dapatlah disimpulkan bahawa kesusasteraan merupakan kesemua hasil seni yang disampaikan melalui bahasa dan ia ditujukan kepada khalayak. Sehingga sastra sendiri berfungsi dapat mendidik dan memberikan informasi, pengetahuan, atau wawasan. Karena di dalam karya sastra terdapat berbagai unsure dan nilai yang bisa kita petik juga sesuai dalam kehidupan sehari-hari. • Fungsi estetis. Seperti yang dikatakan di pengertian sastra bahwa sastra adalah tulisan indah. Nilai religiusitas dalam sastra pesantren dapat diukur pula sebagai ruh yang terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan jiwa dan psikologi yang dialami pembacanya. Maka tidak aneh, jika sebuah karya sastra yang berkekuatan tradisi pesantren dapat dinikmati secara lebih umum, sekalipun oleh kalangan pembaca non-muslim misalnya.

Apr 18, 2016 · Stilistika tidak terbatas dalam bahasa dan sastra. Dalam pengertian yang lebih luas, gaya juga dibicarakan dalam karya seni yang lain, termasuk bentuk-bentuk karangan bebas pada umunya, seperti sosial, politik, ekonomi, media dan sebagainya, bahkan juga dalam kehidupan praktis sehari-hari (Ratna, 2010: vi). Pengaruh dalam sastra bandingan ialah kajian sastra dua buah negara yang persoalannya siapa mempengaruhi siapa, yang sering menjadi permasalahan ialah hubungan tema, sikap, dan teknik antara pengarang yang satu dengan pengarang lain, atau antara dua kumpulan karya yang berlainan etnik. Puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili ekspresi perasaan penyair. Bentuk ekspresi ini dapat berupa kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan kepada kekasih, kepada alam, atau Sang Khalik. Oleh karena itu, bahasa dalam puisi akan terasa sangat ekspresif dan lebih padat. Sastra Banjar adalah semua jenis karya sastra yang dilisankan atau dituliskan dalam bahasa Banjar oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.Sastrawan Banjar adalah siapa saja yang mampu melisankan atau menuliskan salah satu jenis karya sastra berbahasa Banjar kapan saja (pada masa lalu, masa kini, atau pada masa yang akan datang), dan di mana saja (tidak mesti di Kalsel). May 28, 2013 · Sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil. Nov 13, 2014 · Sastra pada dasarnya merupakan ciptaan, sebuah kreasi bukan semata – mata sebuah imitasi (dalam Luxemburg, 1989: 5). Karya sastra sebagai bentuk dan hasil sebuah pekerjaan kreatif, pada hakikatnya adalah suatu media yang mendayagunakan bahasa untuk mengungkapkan tentang kehidupan manusia.